Jumat, 06 Januari 2012

BlankOn

BlankOn adalah sistem operasi komputer lengkap berbasis linux yang berisi aplikasi perangkat lunak bebas dan terbuka yang cocok dipasang di desktop, laptop, notebook atau netbook. Distro ini dirilis oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) (http://www.ypli.or.id) dan dikembangkan secara terbuka oleh komunitas.
Kita dapat menggunakan BlankOn di rumah, sekolah, atau kantor karena BlankOn berisi aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, penjelajah web, pengelola surel, pengedit gambar, pemutar musik dan video dan banyak lagi aplikasi lainnya.
BlankOn dirilis gratis tanpa biaya lisensi dan dapat diunduh, digunakan atau dibagikan ke keluarga, teman, sekolah, kantor tanpa membayar apapun.
Aplikasi yang dibutuhkan untuk penggunaan komputer secara umum sudah tersedia di dalam CD BlankOn. Aplikasi tambahan tersedia di CD lainnya yang bernama CD Pengaya atau tersedia online di repositori BlankOn.
Komunitas melakukan usaha keras menciptakan BlankOn yang bersahabat untuk anda. Setelah BlankOn terinstal, semua kebutuhan dasar berkomputer sudah tersedia sehingga komputer anda sudah siap digunakan.
Beberapa alasan keberhasilan BlankOn Linux adalah :
  • Merupakan distribusi Linux yang aktif dikembangkan secara terbuka oleh komunitas dan merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.
  • Menerapkan konsep Indonesia (Bahasa, Tema Seni dan Budaya, Aksara Nusantara dan Aplikasi Khas)
  • BlankOn memiliki repositori dengan jumlah aplikasi yang besar.
  • Memiliki fokus membuat segalanya siap pakai (wifi, dukungan multimedia).
  • Panduan, bantuan dan dukungan penggunaan BlankOn mudah diperoleh.

Apa arti “BlankOn”?
BlankOn bermakna perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi). Filosofi BlankOn mengharapkan siapapun dengan BlankOn akan berubah dari yang belum punya sesuatu (kosong) menjadi memiliki sesuatu (berisi). Dan masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan BlankOn untuk meningkatkan keahlian, kemandirian dan kesejahteraan hidup.
Bagaimana melafalkan BlankOn?
BlankOn diambil dari kata-kata dalam bahasa Inggris, dilafalkan “Bleng-On” atau “Blang-Kon”.
Berapa harga BlankOn?
Rp. 0 (nol rupiah). BlankOn merupakan perangkat lunak bebas dan terbuka yang memberikan hak kebebasan dan keterbukaan perangkat lunak. BlankOn dirilis gratis tanpa biaya lisensi perangkat lunak.
Apakah YPLI itu?
YPLI singkatan dari Yayasan Penggerak Linux Indonesia yang merupakan suatu organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang GNU/Linux dan Free/Open Source Software (FOSS) di Indonesia. YPLI merupakan lembaga berbadan hukum yang mendukung pengembangan BlankOn. Lebih lanjut tentang YPLI (http://www.ypli.or.id)
Siapa yang mengembangkan BlankOn?
Para pengembang muda Indonesia yang berasal dari komunitas GNU/Linux dan FOSS lain, professional serta sukarelawan dengan beragam latar belakang profesi.
Bagaimana BlankOn dibangun dan dikembangkan?
BlankOn dikembangan oleh komunitas. Anda dapat berinteraksi atau bergabung dan berkontribusi dengan komunitas pengembangan BlankOn lewat mailing list pengembangan (http://groups.google.com/group/BlankOn-dev) dan kanal IRC (#blankon di irc.freenode.net).
Bagaimana Komunitas BlankOn menghasilkan uang?
Komunitas BlankOn mencoba menghindari penerimaan donasi cuma-cuma dan berusaha mendapatkan penghasilan dari kemitraan BlankOn melalui kesponsoran, penyediaan materi pelatihan dan sertifikasi profesional, layanan dukungan dan solusi, layanan rekayasa perangkat lunak, layanan pembundelan dengan perangkat keras komputer.
Apa perbedaan edisi distribusi BlankOn?
Ada dua edisi distribusi BlankOn, Edisi Reguler dan Edisi Minimalis. Yang membedakan kedua edisi tersebut adalah kebutuhan sistem serta perangkat lunak yang disertakan. Edisi Reguler diperuntukkan untuk komputer-komputer terbaru dengan kebutuhan spesifikasi perangkat keras yang tinggi, sedangkan edisi Minimalis diperuntukkan bagi komputer lama sekelas Pentium III dengan ukuran RAM minimal 128 MB.
Seberapa sering versi baru BlankOn dirilis?
BlankOn versi terbaru akan dirilis setiap 12 bulan sekali pada setiap bulan Juli yang didukung pemutakhiran penambalan keamanan dan perbaikian kutu sampai dengan 18 bulan.
Bagaimana cara mendapatkan dukungan teknis BlankOn?
Anda dapat memperoleh saran dan bantuan menggunakan BlankOn dari Komunitas Pengembangan dan Pengguna BlankOn, atau membeli dukungan teknis profesional dari perusahaan penyedia layanan dukungan teknis resmi BlankOn.
Apakah saya dapat mengganti bahasa antarmuka BlankOn dari Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional atau internasional lain misalkan bahasa Inggris?
Ya, bisa. Anda tinggal mengubah konfigurasi dukungan bahasa pada menu administrasi sistem BlankOn.
Apakah BlankOn mudah diinstal?
BlankOn installer grafis dari Live CD BlankOn mudah digunakan dan prosesnya berjalan cepat. Pada komputer tertentu, instalasi BlankOn memerlukan waktu kurang dari 25 menit.
Aplikasi-aplikasi apa saja yang termasuk di dalam BlankOn?
Lingkungan Destop GNOME, desktop berkonteks, aplikasi perkantoran GNUCash, OpenOffice.org atau AbiWord dan GNUmeric, aplikasi editor gambar GIMP, aplikasi editor grafik vector Inkscape, peramban web Firefox atau Epiphany, pengelola surel Evolution atau Thunderbird, Aksara Nusantara, kamus bahasa Inggris Idic Dictionary, peramban wikipedia tanpa jaringan Daluang dan FOSS lainnya.
Apa versi stabil terbaru BlankOn saat ini?
Rilis BlankOn terbaru saat ini dapat ditemukan di http://www.blankonlinux.or.id/unduh
BlankOn versi berapa saja yang sudah dirilis sampai saat ini?
  1. BlankOn 1.0 (Bianglala), diturunkan dari Fedora Core 3, dirilis pada 10 February 2005
  2. BlankOn 2.0 (Konde), diturunkan dari Ubuntu 7.10, dirilis pada 15 November 2007
  3. BlankOn 3.0 (Lontara), diturunkan dari Ubuntu 8.04, dirilis pada 27 April 2008
  4. BlankOn 4.0 (Meuligoe), diturunkan dari Ubuntu 8.10, dirilis pada15 November 2008
  5. BlankOn 5.0 (Nanggar), diturunkan dari Ubuntu 9.04, dirilis pada 16 Juni 2009
  6. BlankOn 6.0 (Ombilin), dirilis pada 5 Juli 2010
  7. BlankOn 7.0 (Pattimura), dirilis pada 17 Agustus 2011
  • Bagaimana agar saya bisa menjadi bagian dari komunitas BlankOn?
    Jika anda menggunakan BlankOn, anda sudah menjadi bagian komunitas BlankOn. Jika anda ingin membantu lebih, silahkan kunjungi halaman pengembangan (http://dev.blankonlinux.or.id). Anda akan mendapatkan informasi tentang bagaimana berkontribusi atau cara lain untuk membantu pengembangan BlankOn sekalipun anda bukan seorang programmer.
http://hmtk.org/blankon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar